SMA Strada St. Thomas Aquino pada tanggal 1 Februari 2021 memperingati 57 tahun HUT yang dilaksanakan di sekolah SMA Strada St. Thomas Aquino Tangerang secara daring. Suatu kebanggaan bagi kami seluruh keluarga besar SMA Strada St. Thomas Aquino karena dengan terselenggaranya HUT tersebut kami masih bisa menikmati berbagai acara dan hiburan dari rumah masing-masing dengan suka cita karena masih dalam masa PSBB. Kami pun bangga karena tepat di HUT SMA Strada St. Thomas Aquino sekolah kami dapat bergabung Bersama ASJI (Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia).

 

ASJI (Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia) merupakan sebuah asosiasi yang berlandaskan nilai-nilai budi perkerti dan ajaran katolik terutama di sekolah-sekolah katolik. Karakteristik pertama dalam Pendidikan Jesuit itu sendiri adalah Hasrat dan kehendak yang besar untuk berkualitas dan keunggulan dalam akademis. Unggul dalam bidang ilmu/akademis maksudnya adalah pelayanan yang berorientasi pada kualitas, karena dengan demikian pendidikan sekolah Jesuit menerapkan standar yang tinggi baik untuk siswa dan guru. Karakter yang kedua pendidikan Jesuit adalah dikembangkannya ilmu-ilmu humaniora dan ilmu pengetahuan (sains) di dalam setiap bidang dan spesialisasi. Salah satu alas an dari sekolah pendidikan Jesuit merapkan hal tersebut agar setiap peserta didiknya bisa berpikir, berbicara, dan menulis juga dapat memahami sejarah, sastra, dan juga seni budaya. Selain itu pula agar peserta didik dapat berpikir dengan pemahaman dan diinspirasi oleh filsafat dan teologi dan disatu sisi dapat memahami matematika dan ilmu pengetahuan. ASJI juga ingin agar peserta didik dapat dipersiapkan dan siap untuk hidup mandiri dan bekerja. Karakter ketiga pendidikan Jesuit adalah dorongan terus menerus untuk mencari jawaban atas masalah-masalah etika dan nilai hidup. Karakteristik keempat adalah pentingnya mengembangkan pengalaman iman dan hidup rohani terlebih bagi peserta didik katolik.

 

Dari beberapa karakteristik di atas dapat disampaikan hal-hal yang berkaitan mengenai pendidikan katolik yang telah menerapkan pendidikan Jesuit tersebut disekolahnya, termasuk sekolah SMA Strada St. Thomas Aquino Tangerang. Contoh yang sekolah kami sudah laksanakan terhadap peserta didik yaitu memberikan pendampingan penuh kepada siswa/siswi secara pribadi, memberikan sapaan dan perhatian yang manusiawi dalam konteks pengembangan dirinya secara integral baik di dalam maupun di luar kelas secara akademis maupun non-akademis. Pendampingan seperti di atas merupakan bagian dari tenaga pendidik dan juga karyawan atau pimpinan sekolah.

Perhatian dan pendampingan yang bapak/ibu guru sekolah berikan terhadap peserta didik merupakan sebuah bentuk panggilan. Karena panggilan bagi tenaga pendidik, karyawan maupun pimpinan sekolah sangatlah berbeda dengan menjadi guru les biasa atau karyawan kantor pada umumnya. Panggilan sebagai pendidik dalam ASJI (Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia) adalah sebuah identitas secara nyata sejauh mana peserta didik di sekolah kami khususnya SMA Strada St. Thomas Aquino memiliki semangat pantang menyerah, passion atau hasrat untuk menyapa, memperhatikan tumbuhnya peserta didik secara integral dalam berbagai aspek kegiatan dan tantangan dalam berdinamika anak didik zaman sekarang.

 

Oleh karena itu SMA Strada St. Thomas Aquino sangatlah bangga atas bergabungnnya sekolah kami yang terpilih menjadi bagain dari ASJI karena tidak semua sekolah katolik yang dapat menjunjung karakter dari pendidikan Jesuit di sekolahnya. Adapun sekolah katolik lain yang telah bergabung bersama ASJI terdiri dari sekolah SMA Kolose Loyola, SMA Kolose Kanisius, SMA Kolose De Britto, SMA Seminari Menengah Petrus Canisius, SMA Kolose Gonzaga, SMA Le Cocq d’Armandville, SMA PIKA, SMK Mikael, dan Yayasan Kanisius.

Sebarkan artikel ini