Visi Sekolah SMA Strada Santo Thomas Aquino adalah membentuk komunitas pendidikan yang unggul, peduli dan melayani. Untuk membentuk komunitas tersebut, SMA Strada Santo Thomas Aquino menyelenggarakan kegiatan rekoleksi sebagai wadah bagi para siswa untuk melihat peristiwa-peristiwa hidupnya yang sudah dilalui dan memaknainya sehingga menjadi bekal yang positif untuk melanjutkan perjalanan hidup di masa depan.

Tema Rekoleksi tahun  ini adalah “Dalam Pergulatan, Menemukan Titik Pijakan Hidup Ke Depan”.  Degan harapan semoga para siswa semakin dikuatkan dalam mengenal diri, keluarga, sekolah dan masa depan. Menguatkan diri dalam mengenal diri sendiri, keluarga, sekolah dan masa depan. Memberikan motivasi  siswa kelas XII  untuk mempersiapkan jalan ke arah masa depan. Menguatkan karakter yang membangun niat dan kekuatan untuk focus ke arah pencapaian cita – cita

Sasaran kegiatan Rekoleksi ini adalah siswa – siswa SMA Strada Santo Thomas Aquino kelas XII MIPA dan XII IPS  Tahun Ajaran 2023 -2024 yang berjumlah 250 siswa, ada 1 siswa yang sedang sakit , sehingga tidak bisa turut serta dalam kegiatan ini.


Kegiatan Rekoleksi  dilaksanakan : untuk Kelas:  XII MIPA pada tanggal hari Senin,  tanggal 5 Februari 2024  dan Kelas:  XII IPS pada hari Selasa tanggal  6 Februari,  Waktu:  08.00 – 17.00 WIB. Lokasi  kegiatan di CIVITA YOUTH CAMP , Ciputat Tengerang Selatan.  Rekoleksi ini dipandu oleh Tim  dari Civita Youth Camp dan didampingi Guru Wali Kelas, Guru BK dan Struktural. Sedangkan Materi  rekoleksinya  sebagai berikut:         Sesi 1: This is Me , dimana peserta diajak memahami suasana hati , mengenal diri sendiri dalam kapasitas dan kepribadian , Sesi 2: Aku dan Keluargaku, peserta diajak melihat kembali, mengingat momen masa kanak-kanak bersama keluarga, memori yang tesimpan dan berbagi cerita dengan  teman kelompoknya, ternyata ini adalah momen yang menyentuh , karena ada yang merasa suasana perasaan  itu sekarang sudah hilang, tidak ada lagi dalam keluarganya.    Sesi 3: Aku dan Sekolahku , siswa diajak memahami situasi , bagaimana situasi diri dan keberadaan dirinya di sekolah, dan seberapa besar masing-masing peserta sudah membentuk dirinya, mencapai arah cita-citanya, Sesi 4: Pilihan Masa depan dan Sekolah , peserta diajak melihat penenpakan diri di masa depan sesuai, dengan cita – cita pelayanan atau profesi  masa depan, untuk mengukur masih berapa langkah lagi ke sana, dan menakar kecukupan bekal untuk mencapai hal itu dan sebahagia apa ketika waktu itu tiba. Kegiatan Rekolesi diakhiri dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Rm Suhar , SJ.

Dalam rekoleksi ini selain manfaat tujuan , peserta juga mendapatkan suasana kebersamaan ketika makan  bersama-sama secara prasmanan dan membersihkan alat makan masing-masing. Ini merupakan pengalaman yang berkesan , karena sebagian besar mereka tidak melakukan ini di rumah masing-masing.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Rekoleksi kami ini, yang akan sangat membantu dalam perkembangan mental dan spiritual para siswa sehingga akan menguatkan bangunan karakter  siswa – siswi SMA Strada Santo Thomas Aquino, untuk mendapatkan titik pijakan hidup dalam menentukan masa depan. Salam AMDG.

Sebarkan artikel ini