Tangerang-  Pandemi Covid-19 yang semakin meluas di berbegai negara termasuk Indonesia membuat segala bentuk perencanaan menjadi berububah, bahkan dihapuskan termasuk jadwal UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang ditiadakan oleh pemerintah di seluruh tingkat pendidikan SD-SMA dan sederajat. Namun tidak begitu saja siswa merasa bebas dari UNBK sebagai standar kelulusan sekolah, masih terdapat satu indikator kelulusan, yaitu sekolah tetap melaksanakan Ujian Sekolah (US) yang tentunya pelaksanaannya lain dari tahun sebelumnya. Siswa di rumah diminta untuk tetap menggunakan seragam lengkap sesuai dengan jadwal ujian hari itu juga.

 

Dalam aturan pemerintah tersebut juga, disebutkan bahwa peserta didik dinyatakan lulus jika sudah dapat menyelesaikan seluruh program pembelajaran, mendapatkan nilai sikap/perilaku minimal B, dan lulus Ujian Sekolah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh sekolah masing-masing.

Sebelum pelaksanaan Ujian sekolah banyak guru sudah mempersiapkan dengan baik membekali materi-materi sesuai dengan yang diujikan oleh peserta didik, media yang diberikan selama masa pandemi ini melalu media on line contohnya pengajaran yang dilakukan dengan media schoology, dan kisi-kisi soal yang diberikan melalu Agenda Sekolah. Sehingga ketika tiba waktunya pelaksanaan Ujian Sekolah siswa/i sudah mendapat persiapan materi dengan baik.

 

Ujian Sekolah yang dilaksanakan di perkumpulan Strada dimulai pada tanggal 1 April 2020- 8 April 2020. Seluruh peserta Ujian Sekolah, tetap diwajibkan mengikuti ujian secara formal walaupun situasinya berbeda dengan di sekolah, siswa/i pun diminta agar dapat  mengisi daftar hadir mengikuti ujian melalui google form pada pukul 07.00 WIB. Setelah itu waktu yang harus dipergunakan oleh siswa/i selama pelaksanaan ujian dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, dan sesi ke-2 dimulai pukul 10.30-12.30 WIB.

Kira-kira apa saja ya mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa/i kelas XII? Mata pelajaran tersebut terdiri dari 13 mata pelajara, yaitu Biologi, Sosiologi, B.Inggris W dan B.Inggris P, Kimia, Ekonomi, Penjas, Matematika W dan Matematika P, Sejarah, Seni Budaya (SBK), Prakarya dan Kewirausahaan (KWH), dan Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan (PKN) selama 5 hari pelaksanaannya, masing-masing dalam 1 hari siswa/i menerima 2 mata pelajaran yang sudah terbagi menjadi 2 sesi yang sudah disampaikan sebelumnya.

 

Siswa/i yang mengikuti Ujian Sekolah dapat mengikuti dengan baik dan lancar yaitu dengan cara mengakses bentuk-bentuk soal ujian melalui aplikasi dari Agenda Sekolah masing-masing siswa/i yang nantinya mereka akan mengakses sendiri dengan memasukkan password yang dimiliki dan mengerjakan sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

 

Bagi pembaca di rumah, pasti memiliki rasa penasaran bukan? Bagaimana situasi siswa/i kelas XII tersebut saat melaksanakan Ujian di rumah? ada pun salah satu siswi kelas XII bercerita dan memberikan opininya ketika dirinya ada disituasi darurat pandemi ini yang mengharuskannya belajar dan Ujian Sekolah di rumah masing-masing, menurutnya Ujian Sekolah ini sangatlah berbeda ketika siswa/i berada di ruang kelas, dirinya merasa ketika berada di rumah walaupun menggunakan seragam lengkap tetap saja suasanya berbeda. Dimana ketika akan memulai ujian ia harus tetap fokus dan menjunjung tinggi nilai kejujuran di lain sisi peran orang tuanya pun turut serta membantu mengawasi jikalau sewaktu-waktu ia lengah waktu istirahat pun yang diberikan selama 30 menit sama dengan yang disekolah akan tetapi menurutnya 30 menit di sekolah dengan di rumah tidak memberikan efek yang begitu berkesan jikaulau disekolah 30 menit bisa menjadi lebih efektif lain halnya dengan di rumah yang justru memberikan efek sebaliknya.harapannya pun mewakili perasaan teman-teman lainnya dan juga bagi rekan-rekan di luar sana yang sama-sama mengikuti Ujian sekolah dari jarak jauh, yaitu semoga masa pandemi ini segera berlalu dan dapat kita berkumpul belajar bersama kembali di sekolah tercinta SMA Strada St. Thomas Aquino.

 

Sebarkan artikel ini