Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa pengenalan lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negri maupun swasta menggunakan masa pengenalan ini untuk memperkenalkan almamater sekolah kepada peserta didik baru.Kegiatan PLS juga bertujuan untuk melatih mental, disiplin, sikap, karakter dan mempererat tali persaudaraan peserta didik baru. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana memperkenalkan lingkungan baru di sekolah kepada peserta MPLS. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Dengan tujuan tersebut maka kegiatan MPLS yang saat ini berlangsung di SMA Strada St. Thomas Aquino akan berlangsung selama tiga hari dimulai sejak hari senin tanggal 12 Juli-14 juli 2021. Namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan PLS tahun ini diadakan melalui aplikasi zoom dan youtube .Siswa – siswi atau peserta PLS sebanyak 253 secara langsung mengikuti kegiatan ini dari rumah masing masing dan kegiatan ini dianggap wajib.

OSIS/MPK turut berperan dalam persiapan kegiatan MPLS INI. OSIS/MPK membimbing peserta didik baru dalam mengikuti PLS dengan menjadi PIC kelompok. Hal ini dengan tujuan agar mempermudah komunikasi antara siswa baru dengan guru serta panitia maupun operator, yang bertugas sebagai teknisi selama berjalannya pertemuan MPLS di ruang zoom, editor yang bertanggung jawab untuk mengedit segala kekurangan maupun menambah kreativitas yang menarik untuk siswa-siswi baru, sekretaris, seksi acara, dokumentasi dll yang semuanya saling bekerja sama dengan baik dan atas pendampingan bapak/ibu guru SMA Thomas Aquino yang terlibat.

Sedangkan secara teknis pada saat kegiatan berlangsung semua keanggotaan OSIS/MPK dan juga bapak/ibu guru panitia MPLS sudah mempersiapkan peralatan sejak pukul 06.00 WIB seperti ruang Lab. Komputer yang berada di lantai tiga sekolah untuk dijadikan tempat berlangsungnnya kegiatan MPLS on-line tersebut dan alat-alat penunjang lainnya yaitu leptop, kemudian jauh dari sebelumnya pelaksanaan tim dari PIC sudah memberikan info kepada siswa-siswi/peserta MPLS untuk menggunakan dua alat bantu seperti hp/laptop kegunaannya adalah untuk interaksi antar siswa baru dengan PIC masing-masing kelompok dan juga sebagai pre-sensi kehadiran, serta untuk menonton via youtube karena bapak/ibu guru dan panitia MPLS lainnya sudah melakukan kegiatan syuting di sekolah mengenai beberapa fasilitas lingkungan sekolah dan menjelaskan beberapa bentuk materi MPLS yang disampaikan oleh pihak sekolah.

Secara pendampingan oleh guru-guru kami bangga melihat kerja keras siswa-siswi SMA St. Thomas Aquino yang secara kreativitasnya, ide-ide yang disampaikan dan pesan-kesan dan juga waktu luang yang disediakan untuk mempersiapkan MPLS sejak awal sampai akhir memberikan kesan yang bermakna bagi kami semua keluarga SMA St. Thomas Aquino karna tidak mudah bagi kita semua dimasa-masa seperti ini dapat memberlangsungkan kegiatan MPLS secara daring/on-line dengan lancar. Semoga apa yang sudah menjadi kegiatan ini dapat bermakna pula di dalam diri masing-masing siswa-siswi baru periode 2021/2022 serta menjadi semangat bagi kita semua untuk tidak berpatah semangat/berputus asa dalam menghadapi KBM dan juga kegiatan lainnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Berikut tautan untuk melihat video dokumentasi kegiatan MPLS selama 3 hari :

hari 1 https://youtu.be/I8WhRkBqQAQ

hari 2 https://youtu.be/O3SecVj8Kfk

hari 3 https://youtu.be/AVvr7MZpXUI 

 

 

Sebarkan artikel ini